Alasan Mengapa Anda Harus Mencuci Kaki Setiap Anda Mandi

Berada di bagian paling bawah, kaki menjadi salah satu bagian tubuh yang kerap dilupakan saat mandi. Padahal, mencuci kaki adalah salah satu cara yang membuat tubuh tetap sehat. Ada beberapa alasan yang membuat Anda wajib mencuci kaki saat mandi.

Kaki dapat memproduksi keringat. Diketahui ada sekitar 250 ribu kelenjar keringat yang dimiliki kaki. Jika digabungkan oleh bakteri yang tumbuh di dalamnya, kaki akan menimbulkan bau tak sedap.

Bau tak sedap ini umumnya hilang saat kaki telah dicuci dengan menggunakan sabun. Saat kaki terasa bersih, bau pun hilang seketika.

Namun, tak hanya untuk menghilangkan bau, mencuci kaki juga bermanfaat untuk pertumbuhan kuku, persendian tetap sehat, dan kelancaran sirkulasi darah.

Berikut melansir Slicemax, alasan wajib mencuci kaki saat mandi.

1. Menghilangkan bau kaki
Mencuci kaki secara teratur dan benar dapat membantu menghilangkan kotoran, sel kulit mati, dan keringat yang menumpuk.

Membilasnya hanya dengan air tak cukup untuk membersihkan kaki. Bilasan air tetap membuat kotoran-kotoran itu bertahan di kaki.

Untuk itu, jangan lupa mencuci kaki dengan sabun saat mandi.

2. Mencegah infeksi
Kaki rentan terhadap infeksi. Bakteri yang ada di dalamnya bisa saja menimbulkan berbagai jenis peradangan. Menggosok kaki dapat membantu mengelupaskan semua lapisan sel kulit mati bersama dengan mikroba lain yang menyebabkan infeksi.

3. Mengurangi masalah persendian
Saat sel kulit mati tetap menempel di telapak kaki, lapisan kulit yang tak lagi diperlukan itu akan menumpuk dan menjadi lebih tebal.

Hal tersebut dapat mengganggu kaki Anda saat berjalan yang nanti akan memengaruhi persendian Anda. Akibatnya, Anda mungkin merasa tidak nyaman saat bergerak.

4. Meningkatkan sirkulasi darah
Saat mencuci, berikan pijatan pada kaki untuk meningkatkan aliran darah.

Sirkulasi darah yang buruk menyebabkan tubuh kekurangan oksigen dan mengganggu pertumbuhan otot Anda. Selain itu, sirkulasi darah yang tidak lancar juga dapat menimbulkan masalah seperti nyeri otot, kekakuan, kelemahan, dan bahkan mati rasa.

Itulah mengapa mencuci kaki dan memijatnya di dalam air hangat merupakan ide yang baik untuk Anda lakukan.

5. Menghentikan pertumbuhan kuku ke dalam kulit
Ada beberapa alasan mengapa kuku jari kaki tumbuh ke dalam kulit. Beberapa di antaranya adalah kebiasaan mengenakan sepatu yang terlampau kecil atau cara menggunting kuku yang salah.

Di luar itu, kaki berkeringat dan kotor juga berkontribusi pada pertumbuhan kuku ke dalam kulit. Saat jari jemari terus berkeringat, kulit di ujung jari menjadi lunak dan membuat kuku lebih mudah tumbuh.

Jika terjadi peradangan pada kulit, kuku yang tumbuh ke dalam akan terasa menyakitkan.

Pos terkait