Bupati Lampung Selatan Dinilai Pungli Para Kepala Dinas

Diposting pada

KALIANDA (19/6/2023) – Pembangunan dengan anggaran “Sum-Suman” di Lampung Selatan, ternyata tidak hanya dilakukan Bupati kabupaten setempat, Nanang Ermanto, untuk Tugu Pancasila, tetapi juga untuk sejumlah taman, seperti Taman Edukasi di sekitar rumah dinas dan Taman Anak Batin di samping Masjid Agung Kalianda.

Akademisi Lampung Selatan, Rusman Efendi, mengatakan ia memastikan sejumlah taman dan Tugu Pancasila tersebut tidak berasal dari APBD atau usulan dari dinas terkait.

Jika ternyata pembangunan Tugu dan Taman tersebut hasil “Sum-Suman” dari para kepala dinas, Rusman Efendi mengatakan Bupati Nanang Ermanto telah melakukan pungli atau pungutan liar kepada pimpinan satker.

Bagi Ketua Granat Lampung Selatan itu, membebankan pembangunan sesuatu kepada kepala dinas atau kepala bidang akan membuat mereka mencari celah untuk memperolehnya dengan pungli pula atau korupsi di lingkungan masing-masing, karena mereka tidak mungkin menyisihkannya dari gaji.

Kalaupun Bupati Nanang Ermanto bermaksud membangun Lampung Selatan dengan memotong gaji para ASN, Rusman Efendi mengatakan harus jelas dasar hukumnya, seperti Perda, atau minimal SK Kepala Daerah.

Rusman menyebut ia juga mendengar sumber lainnya dari perusahaan-perusahaan. Jika benar bersumber dari CSR, Bupati Nanang Ermanto juga salah kaprah, karena tujuannya untuk menyejahterakan warga sekitar lokasi perusahaan, bukan jauh dari lingkungannya.

Usai meresmikan Tugu Pancasila di persimpangan Jalan Lintas Sumatera dan komplek perkantoran Pemkab Lampung Selatan, Minggu, 18 Juni 2023, Nanang Ermanto mengakui sumber anggarannya bukan dari APBD, tetapi gotong royong Forkopimda.

Nanang Ermanto mengatakan gotong royong membangun sesuatu sudah menjadi tradisi di lingkungan Pemkab Lampung Selatan.

@lampungtelevisi.com
Video dan artikel* ini bersumber langsung dari youtube dan kami share di website Lamsel.comLampung SelatanLamsel

Tinggalkan Balasan