Lebih Minat Kapal Eksekutif, Pelabuhan Bakauheni Tambah Dermaga untuk Mudik Lebaran 2023

TRIBUN-VIDEO.COM – Animo pemudik yang memesan tiket kapal eksekutif diperkirakan akan membludak di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Kepolisian dan pengelola pelabuhan akan menerapkan rekayasa lalu lintas jika kepadatan kendaraan terjadi di dermaga eksekutif itu.

Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin mengatakan, sejak tiga hari terakhir, terlihat peningkatan kedatangan pemudik di dermaga eksekutif itu.

Sebagian besar pemesan tiket kapal ekspres ini adalah pemudik yang mengendarai mobil pribadi untuk menyeberang ke Pelabuhan Merak, Banten.

Berkaca dari pengalaman Lebaran tahun 2022, Edwin mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas di dalam pelabuhan sebagai antisipasi kepadatan kendaraan.

Skema agar tidak terjadi kepadatan dalam antrean menuju kapal di dermaga eksekutif ini yaitu dengan mengalihkan antrean menuju dermaga 1 reguler.

Sementara itu, berdasarkan data keberangkatan penumpang di Pelabuhan Bakauheni per periode 17 April mulai pukul 08.00-20.00 WIB, jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 29 unit dengan trip sebanyak 51 kali.

General Manager (GM) ASDP Bakauheni Capt.

Rudi Sunarko mengatakan, jumlah penumpang pejalan kaki mencapai 1.135 orang dan penumpang dalam kendaraan sebanyak 19.861 orang.

Untuk kendaraan roda dua sebanyak 289 unit dan mobil pribadi sebanyak 2.311 unit.

Sementara Arus mudik penumpang di Bandara Raden Inten II, Lampung, terpantau masih sepi pada Selasa (18/4/2023) siang.

Berdasarkan pantauan Tribun Lampung di Bandara Raden Inten II, Lampung, penumpang yang berada di area tunggu kedatangan maupun keberangkatan masih terpantau sepi.

Terlihat hanya beberapa penumpang yang berada di bagian keberangkatan dan di bagian kedatangan Bandara Raden Inten II, Lampung.

Assistant Manager Operation dan Service Bandara Raden Inten II, Lampung, Latif Nur Sasongko mengatakan, pada H-4 Lebaran saat ini belum terpantau kenaikan lonjakan jumlah penumpang pada siang hari.

Ia mengatakan, pergerakan penumpang diperkirakan mulai ramai pada H-3 Lebaran besok.

Latif mengatakan, terjadi lonjakan pergerakan pesawat yang lebih banyak pada beberapa hari sebelum Lebaran dibandingkan tahun sebelumnya.

Ia menuturkan, pada H-4 lebaran tahun ini diperkirakan ada kenaikan realisasi pergerakan pesawat dibandingkan tahun sebelumnya.

Latif mengatakan, pihaknya juga melakukan kerja sama dengan Dinas Koperasi Kabupaten Lampung Selatan terkait dengan adanya bazar produk UMKM di Bandara Raden Inten II.

Pada bagian tempat tunggu Bandara Raden Inten II, Lampung, tersebut, terlihat terdapat bazar UMKM Ramadhan yang menjual berbagai oleh-oleh. (*)

(Tribun-Video.com/Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pemudik Lebih Minati Kapal Eksekutif, Pelabuhan Bakauheni Tambah Dermaga”, Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2023/04/18/050807878/pemudik-lebih-minati-kapal-eksekutif-pelabuhan-bakauheni-tambah-dermaga.
Penulis : Kontributor Lampung, Tri Purna Jaya
Editor : Teuku Muhammad Valdy Arief

Host: Rima Anggi
Vp: Salim Maula

#beritaterbaru #beritaterkini #beritaviral #live #breakingnews
Video dan artikel* ini bersumber langsung dari youtube dan kami share di website Lamsel.comLampung SelatanLamsel

Pos terkait

Tinggalkan Balasan