Kualitas Auditor Lamsel Bakal Setara USA

Lampung Selatan bakal menjadi satu-satunya Kabupaten di Lampung dengan standar kualitas auditor setara dengan negara superior macam USA dan Australia.
Itu bakal segera terwujud paling lambat pada 2019 mendatang. Pasalnya pusat memberi deadline kepada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Lampung juga Inspektorat Lamsel yang tertuang pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).
Pembina BPKP Provinsi Lampung Kisyadi mengatakan upaya tersebut ditandai dengan peningkatan standar dari level II menjadi level III maka auditor Lamsel setara internasional.
“ Di Indonesia sama, Amerika sama, Australia sama dan di Lamsel juga sama. Artinya auditor internal di Lamsel lebih profesional lagi,” kata Kisyadi kepada Radar Lamsel, Rabu (17/10).
Artinya peningkatan level itu menjadikan tugas Inspektorat lebih profesional lagi sebagai mata juga telinga bagi pemerintah daerah dalam melakukan audit internal.
“ Jadi tidak sekedar audit atau watchdog, tetapi lebih kepada pemberi peringatan dini. Misal kalau nanti ada indikasi penyimpangan Inspektorat sudah memberi warning agar penyimpangan tidak terjadi,” kata dia.
Auditor nantinya menggunakan standar Internal Audit Capability Model (IACM) yang tidak ada bedanya dengan kualitas yang dipakai dunia internasional. Maka dengan semakin beratnya tugas Inspektorat perlu adanya tambahan personil guna menopang tugas Inspektorat.
“ Kalau dulu ruang lingkupnya Inspektorat hanya SKPD atau OPD saat ini keberadaan Dana Desa yang diprediksi 2019 kembali meningkat jumlahnya, akan menjadikan tugas Inspektorat semakin berat untuk itu penambahan personil dibutuhkan,” sebut Kisyadi.
Baik BPKP maupun Inspektorat sejatinya memliki tugas yang sama. Namun yang membedakannya adalah BPKP lebih kepada auditor yang bersifat eksternal untuk daerah, sedangkan Inspektorat lebih kepada internal pemerintah daerah.
Inspektur Joko Sapta mengatakan upaya peningkatan level itu tengah dikejar oleh pihaknya. Keharusan menjadi level III kata dia mesti diiringi kelengkapan prasarana infrastruktur maupun impelentasi.
“Terkait tenaga saat ini personil Inspektorat sudah banyak yang pensiun maka kalau persetujuannya keluar akan ada penambahan personil menjadi 17 auditor. Untuk sifatnya Inspektorat lebih kapada mitra pendamping Pemda,” sebut Joko.
Sementara itu Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto merespon dengan baik peningkatan level auditor menjadi level III. Sebab tanpa teamwork yang baik kata dia, semua tak akan imbang.
“ Inspektorat sebagai mata dan telinga pemerintah daerah mesti didukung sepenuhnya agar tujuan pembangunan di Lampung Selatan ini tercapai,” ucap Nanang. (ver)

Saburai TV – Lampung
Video dan artikel* ini bersumber langsung dari youtube dan kami share di website Lamsel.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan