Kekurangan Maupun Kelebihan dari Dark Mode Yang di Rilis Oleh Whatsapp

Diposting pada

Tampilan mode gelap atau dark mode saat ini telah diadaptasi oleh sejumlah aplikasi, media sosial, hingga pada sistem operasi ponsel dan komputer.

Layanan pesan instan WhatsApp hari ini resmi meluncurkan dark mode untuk semua pengguna Android dan iOS. Kendati begitu, dark mode WhatsApp tidak sepenuhnya menggunakan warna hitam tetapi warna abu-abu gelap.

Sebab, perusahaan yang diakuisisi Facebook ini mengatakan penggunaan warna hitam pekat dan putih dinilai bisa menyebabkan kelelahan pada mata.

Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan tampilan dark mode?

Baterai Lebih Tahan Lama pada Layar OLED

Dilansir dari How To Geek, penggunaan mode gelap menunjukkan baterai ponsel mampu bertahan lama bagi ponsel dengan layar OLED.

OLED merupakan akronim dari organic light-emitting didode. Di dalam dioda organik tersebut, terdapat lapisan tipis yang dapat memancarkan cahayanya sendiri.

Pada layar OLED, piksel akan mati jika layar menampilkan warna hitam sehingga ketika pengguna mengaktifkan mode gelap, lebih hemat baterai.

Ponsel terkini seperti iPhone X, XS, dan versi terbaru, Samsung Galaxy seri S, dan juga Google Pixel merupakan contoh ponsel yang telah menggunakan layar berbahan OLED.

Tampilan Mode Gelap Cocok untuk Penderita Fotofobia

Fotofobia merupakan rasa takut abnormal pada cahaya. Kondisi ini menyebabkan mata menjadi sakit bahkan dalam kondisi cahaya yang relatif rendah sekalipun dan memicu migrain.

Mode Gelap Terlihat Bagus di Lingkungan yang Kurang Pencahayaan

Misalnya, ketika pengguna sedang berbaring di tempat tidur sambil membaca sesuatu yang ada di ponsel mereka, akan jauh lebih baik untuk membaca teks putih di latar belakang hitam dibanding wajah pengguna diterangi oleh cahaya putih terang.

Bukan untuk Semua Orang

Ternyata tidak semua orang merasa nyaman menggunakan mode gelap. Sebab, mode gelap tidak cocok bagi mereka yang mengharuskan untuk membaca cepat, mengoreksi tulisan, atau memiliki mata silinder.

Menurut riset dari Universitas Passau, seperti dilansir situs UX Design, riset menyebutkan bahwa pembaca akan membaca teks lebih cepat ketika menggunakan latar putih. Dengan latar ini, mereka juga dapat mendeteksi kesalahan penulisan cepat.

Jadi, apakah perlu mengimplementasikan mode gelap?

Sebetulnya kembali kepada pilihan pribadi masing-masing. Jika Anda membutuhkan mode ponsel yang ringan, pasti Anda akan mengubah tampilan mode ponsel menjadi mode gelap.

Dilansir Phone Arena, mode gelap sebenarnya lebih cocok diaktifkan pada malam hari. Misalnya untuk membantu memerangi insomnia (keadaan sulit tidur).

Untuk bisa menggunakan mode gelap di WhatsApp, pastikan WhatsApp yang digunakan di Android dan iOS menggunakan versi terbaru. Di iOS, WhatsApp teranyar versi 2.20.30. Sementara di Android, versi teranyar adalah 2.20.69.